Rabu, 01 Agustus 2012

Cerita Menarik Tentang Kegiatan Pramuka


Semangat yang membakar Bumi Perkemahan MOP

Jumat,tanggal 13 juli 2012 SMPN 1 Watulimo, lebih tepatnya hari jum’at. Di sekolah kami mengadakan MOP (Masa Orientasi Pramuka) bagi siswa-siswi baru tahun ajaran 2012/2013, kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkenalkan pentingnya pramuka, melatih kemandirian tentunya. Disitu kebetulan saya sebagai panitia inti dari pelaksanaan MOP bersama kakak Pembina serta rekan-rekan lainnya. Bersama kedua kakak Pembina yang tentunya sudah professional dalam bidang kepramukaan. Di lengkapi kedua bapak ibu guru yang bertanggung jawab dalam keseluruhan kegitan. Tentu kegiatan yang menurutku menyenangkan sekaligus mengasyikkan guys? Meskipun saya sebagai panitia sekaligus diberi tugas-tugas yang berat dan menyibukan. Pertama saya bersama kakak-kakak pendamping regu sudah di beri tugas masing-masing untuk mendampingi tiap-tiap regu. Setiap kakak-kakak pendaming bertanggung jawab pada regunya masing-masing, kecuali saya dan ketiga rekan saya, yaitu ririt,edi, dan satria. Yang merupakan panitia inti kegiatan-kegiatan dimulai dari pendirian tenda, waktu yang diperlukan yaitu mulai jam 8-11. Lalu pada siang hari anak-anak di pulangkan karena bagi anak laki-laki harus melaksanakan kewajiban untuk solat jum’atan dan yang putri bisa berkemas-kemas untuk keperluannya selama berkemah. Dan mereka kembali lagi pukul 1 siang. Di kegiatan pendirian tenda inilah yang melelahkan, semua kemampuan kami kerahkan untuk adik-adik kami yang sedikit manja. Di tambah kekokmpakan mereka yang kurang membara. Selain itu, karna akan ada penilaian tenda dengan kriteria simpul yang di gunakan serta kerapian dan keindahan tenda. Semua optimis lebih unggul dari pada regu-regu lainnya.
                Setelah semua tenda berdiri, semuanya di persiapkan untuk mengikuti pelatihan upacara pembukaan. Dan aku sebagai pemimpin pleton. Awalnya sih aku bertugas jadi dirigen, tapi karna aku lagi mengidap radang tenggorokan. Ya aku iklaskan untuk adik kelasku yang menggantikan. Bagiku tak masalah sih, karna suara yang serak ini aku jadi lantang dalam menyiapkam, sampai suara pemimpin upacarnyanya aja kalah (padahal pemimpinnya cowok). Setelah pelatihan selesai anak-anak bisa di bubarkan untuk pulang, tapi khusus untuk anak dega di suruh masuk keruang kelas dulu untuk mendapakan konsumsi.(akhirnya dapat makan).tapi anehnya anak cowok, di suruh makan malah tidur-tidur di tendanya adik-adik, apalagi yulio, rajin banget mbenahin tendanya yang dari tadi ngak jadi-jadi (wkwkwkwk).
                Waktu yang di tunggu-tunggu telah tiba,jam menunjukan pukul 1 siang,anak-anak sudah siap untuk di bariskan membentuk angkare. Upacara pembukaanpun di mulai dari pemimpin pasukan menuju lapangan sampai laporan pada Pembina upacara. Dan MOP di watulimo pun telah resmi di buka.
                Untuk menunggu waktu adzan ashar, kakak Pembina kami mengisi waktu luang itu untuk bermain-main,regu putrid dan regu putra di pisah dan membentuk lingkaran besar.  Kami memutuskan memilih permainan angka dor, yaitu jika sudah sampai pada kelipatan 5 harus bilang DOR. Serunya banyak adik-adik yang kebingungan udah sampai nomer berapa(Hahahaha). Kemudian kami mencoba permainan sedang apa, yang di bagi menjadi 2 kelompok putrid, dan aku memimpin salah satu dari regu itu, aduh sialnya aku kalah dan kakak pendampingnya harus mewakili adik-adiknya untuk bernyanyi. Dan kami memutuskan untuk menyriangkan yel-yel kami yang pernah kami bawa dalam perlombaan lokagampil. Lagunya sih kreasi dari lagu OVJ-Kite lagi. Trus karna si pemenang belum puas kami harus bernyanyi lagi, tapi kali ini yang bernyanyi adik-adik MOP dan yang berjoget adalah kakak Pembina,dan harus menirukan gaya sule dengan lagu CICILALANG. (aduuh malu-malu in)
                Tanpa disadari waktu sudah menunjukan pukul 16.30. semua sudah payah, dan saatnya istirahat, mandi lalu sholat. Agenda terlaksanan dengan lancer. Seperti yang di inginkan. Setelah itu di lanjutkan dengan sholat magrib dengan berjamaah di lapangan sekolah. Dengan di imami oleh bapak MURODI, sholat berjalan dengan khitmad, setelah itu dilanjutkan dengan makan malam. Pada waktu Kegiatan tidak berjalan mulus lagi sehingga membuat bapak darmanun marah-marah kepada adik-adik peserta, karena belum di perintahkan makan, mereka sudah bubar ketendanya masing-masing dan sangat sulit diatur. Saya selaku panitia mengaku kewalahan, ditambah lagi harus mengurusi orang tua wali murid yang ingin bertemu. Setelah semua di nasehati dengan sangat panjang. Mereka dapat di taklukan. Karena sudah memenuhi waktu isya’ kamipun melaksanakan sholat isya terlebih dahulu. Padahal kami kakak-kakak pendamping dan panitia belum makan dan sebagai seorang kakak yang baik menunggu terlebih dahulu. Sholat isya sudah selesai kami para Pembina makan di ruangan dengan lahab. Karena sungguh saat itu aku sangat lapar dan harus minum obat.
Makan selesai, dan dilanjutkan dengan api unggun yang aku nanti-nanti waktu itu. 10 temanku menjadi Panji-Panji Pembawa Obor dengan menyebutkan 10 dasa darma.
 Dengan menyalakan api unggun apel malam oleh kakak Pembina resmi dimulai. Dengan menyanyikan api unggun suasana sangatlah ramai dengan sorak-sorai rekan-rekan semua. Akan di lanjutkan dengan pentas seni bagi masing-masing regu. Pensi tersebut di wajibkan bagi semua regu. Kemudian saya mengumuman bagi para regu yang mau mendaftarkan diri bisa mendaftar ke saya. Saat itu saya juga di tunjuk sebagai MC untuk kegiatan Pensi tersebut. Satu persatu dipersilakan menampilkan kebolehannya. Acara sangat meriah dengan penampilan kakak-kakak yang menurut saya itulah yang paling menghebohkan. Kami para pendamping beserta para panitia bernyanyi bersama untuk mengisi acara pada malam itu. Kami menampilkan sebuah lagu dengan alunan gitar seorang kakak panitia. Membuat semua perpesona akan permainan gitarnya. UPPPPsssss!!!.
                Setelah semua menampilkan pensinya. Maka waktu nya untuk tidur. Sebelum tidur aku dan rekan-rekan di kumpulkan di sebuah ruangan untuk mendiskusikan kegiatan besok pagi yang terdiri atas pos-pos permainan. Waktu itu aku berada si pos permainan ke 4 dengan  permainan keseimbangan tongkat. Setelah 4 panitia kebagian posnya masing-masing, maka saatnya untuk tidur. Permasalahannya sebelum tidur, kakak Pembina bisa tidur di tenda regu adik-adiknya masing-masing. Tapi yang panitia ini,aduh suruh tidur di luar kelas. Akhirnya aku numpang di tenda adik peserta yang tendanya paling besar. Disana ada selimut yang lebarrr banget sampai aku mikir,gimana ini cara bawanya. Tiba-tiba ada informasi dari Kak edi kalau ada anak yang merokok di ujung tembok sekolah. Kami para panitia segera menuju ketempat yang di maksut, eh ternyata bener. Aduh-aduh masih kelas 1 udah ngrokok. Kemudian kami kembali ke tenda untuk melaksanakan kewajiban tidur kami(hehehe).
                Tiba-tiba aku terbangun karena kedinginan dan mendengar suara adik-adikku rebut. Saatku buka mata. Ternyata adik-adikku udah pada bangun. Ya ampun, waktu ku lihat jam ternyata masih jam 2. Sialan, ternyata aku hanya tidur 1 jam. Lalu ku buka tendanya, udah banyak anak-anak yang berkeliaran untuk mandi. Dan aku melihat kakak-kakak pendamping berada di dekat api unggun. Aku pun segera ikut sambil membawa sarung kesayanganku. Setelah terasa hangat badan ini, aku memutuskan untuk tidur lagi. Dan aku bangun jam 03.38. aku segera berlari mengambil air wudhu dan sholat. Ketika aku sholat, yang lainnya sudah pada berbaris untuk melaksanakan senam pramuka. Kemudian aku berlali dan menggambil posisi. Senam pun di mulai. Dan di tambah beberapa lagu untuk senam komado dengan lagu Cikhen Dance
Hari mulai pagi, kak gugut member pengumuman untuk adik-adik agar membersihkan lingkungan sekolah.  Di temani dengan para pendamping dan panitia. Dan semuanya terlihat aktif melakukan kegiatan bersih-bersih itu. Bai anak pramuka, kotor itu kan sehat???.  Setelah semua bersih adik-adik di bariskan di depan tiang bendera untuk melakukan aktifitas makan. Sambil menunggu makanan datang. Kak hanik meminta para kakak-kakak DEGA untuk menampilkan yel-yel Gudepnya. Dengan senang hati kami menyanggupinya. Lalu, makananpun datang. Tapi sialnya lagi makanan untuk kakak-kakak DEGA telat, dan kami perlu menunggu 15menit. Kasihan sekali adik-adikku, demi menunggu kakak-kakaknya mereka rela menunggu. Tapi aku salut,  demi kebersaan,apapun dilakukan.
                Setelah semua selesai makan, adik-adik di wajibkan untuk menampilkan yel-yel regunya. Sedangkan para pendampingnya di persilakan untuk menuju tenda, karna akan ada penilaian tenda. Sedangkan para panitia bersiap-siap untuk mempersiapkan game yang akan di perlombakan.
                Waktu perlombaan tiba. Seperti yang telah disampaikan oleh kak gugut kemarin malam. Aku kebagian dalam pos 4 game keseimbangan tongkan, yaitu permainan yang membutuhkan 2 tongkat dan 4 tali, serta membutuhkan 7 peserta saja.  Dan di pos lain ada beberapa permainan, seperti di pos pertama yaitu Bola tornado,cara mainnya dengan menggunakan bola dan buku yang di gunakan untuk menggerakan bola. Kemudian di pos ke 2,yaitu sembatan asam, di situ ada beberapa jebakan yang di tutupi oleh Koran, tapi para peserta tidak tahu dimana jebakannya berada. Apabila peserta menginjak jebakan itu makan nilai di kurangi. Kemudian di pos 3,yaitu tali berantai,caranya semua anggota regu diwajibkan bergenggaman tangan dan dari ujung barisan akan di taruh tali yang harus di oper-oper tanpa harus melepas genggaman,dan harus sampai ke barisan ujung satunya.
                Time up, semuanya berakhir dan waktu pengumpulan nilai, sambil mengisi waktu luang, para kakak Dega mencoba semua permainan yang ada di dalam 4 pos tersebut. Memang seru rupanya.kemudian ada beberapa pengumuman mengenai kersiapan penutupan kegiatan MOP karna waktu sudah siang. Sehingga adik-adik di persilakan untuk melakukan kemas-kemas tenda. Dan para kakak DEGA di persilakan mempersiapkan upacara penutupan. Karna kak Satria sakit, maka yang menjadi pemimpin upacara adalah aku. (tegang banget). Perasaanku bener-bener kacau, ternyata bener aku sempat melakukan kesalahan ketika aku menjadi pemimpin. Tapi semua tak beserang lama, upacara  telah selesai dan sekarang saatnya penyerahan penghargaan.
                Pertama, penghargaan di tujukan untuk kakak Pendamping yang paling crewet, yaitu Kak meme dan Kak galih. Kemudian penghargaan untuk kakak tercantik dan terganteng yaitu kak asita dan kak ardan, lalu penghargaan untuk kakak tergiat yaitu kak edi dan kak ayu. Kemudian penghargaan untuk perserta terbandel yaitu adik risky dan adik reza, dan hadiahnya yaitu jajan.  Kemudian regu yang paling kompak, untuk regu putri jatuh pada regu kamboja yang di bina oleh kak meme,(wah dapet 2 penghargaan). Dan dari regu putra jatuh pada regu Tirex yang di bina kakak indra.

Sekian cerita menarik dari saya,kalau ada kata-kata yang salah saya minta maaf. Tenang saya cukup tau diri untuk mengakuinya.hehehe.....


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar